Analisis Tingkat Kepuasan Dan Strategi Perbaikan Pelayanan Pemanduan Kapal Di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu

Authors

  • Made Irma Dwiputranti dwiputranti politeknik pos indonesia
  • Three Sakti Oktafiansyah Politeknik Pos Indonesia

Keywords:

Kinerja, IPA, SWOT, Pelabuhan Baai Bengkulu

Abstract

Penilaian kinerja di Pelabuhan Pulai Baai diperoleh melalui kegiatan pelayanan pemanduan kapal dan ketepatan waktu dalam pengurusan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian kinerja pelayanan kapal di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dan bagaimana memberikan strategi perbaikannya. Penanganan pelayanan pemanduan kapal juga dilakukan di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Bengkulu, atau yang lebih dikenal dengan Indonesia Port Corporation (IPC), bergerak dibidang logistik khususnya pengelolaan dan pengembangan pelabuhan Pulai Baai. Metode yang digunakan ini adalah persepsi terhadap pengguna jasa dan stakeholder terkait kinerja pelayanan pemanduan kapal yang diolah dan dianalisa memakai metode Importance Performance Analyisis (IPA) sedangkan untuk menentukan strategi pelabuhan dengan cara mengidentifikasi faktor eksternal dan internal Pelabuhan dengan metode analisis Strength, Weakness, Opportunity, Treath (SWOT).Hasil penelitian kinerja pelayanan pemanduan di pelabuhan Pulau Baai menunjukkan dari total kunjungan 940 kapal pada bulan Januari-Maret, terdapat 16 buah kapal yang mengalami waktu tunggu (Waiting Time) lebih dari 20 jam. Upaya perbaikan harus dilakukan dengan cara memperbaiki kinerja waktu tunggu kapal, pelayanan dokumen, sarana bantu navigasi pelayaran dan ketersediaan kapal tunda/pandu. Adapun perbaikan itu dilakukan melalui analisis faktor eksternal dan internal perusahaan seperti mengontrol dan mengevaluasi kinerja dalam menetapkan standar waktu pengurusan dokumen, mengintegrasikan layanan kenavigasian, serta menyediakan unit atau kapal cadangan untuk kegiatan pemanduan kapal tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya waktu tunggu kapal di Pelabuhan khususnya di Pulau Baai Bengkulu.

References

Andrianto, Yuda,Achmad Wicaksono, M.Ruslin Anwar.(2016). Analisis Kinerja Pelayanan Pemanduan Kapal Terhadap Waktu Tunggu (Waiting Time) Di Pelabuhan Tanjung Perak.IPTEK. Journal of Proceding Series.

PT Pelabuhan Indonesia II (Perseroan). (2021). Sistem Informasi Manajemen Pelabuhan. Bengkulu: PT Pelabuhan Indonesia II (Perseroan). (https://www.indonesiaport.co.id/, diakses 12 Juni 2022).

Lasse,D.A., Manajemen Kepelabuhan.(2016). Jakarta. Rajawali Pers

Tjiptono, Fandy. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Candra. (2011). Service, Quality, & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Triatmodjo, Bambang. (2010). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta, Depok Sleman: Betta Offset.

Rangkuti, Freddy. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Downloads

Published

2022-05-24