Analisis Beban Kerja Karyawan Warehouse Menggunakan Metode Work Load Analysis Pada Gudang PT Cipta Krida Bahari

Authors

  • M. Ardhya Bisma
  • Yudhis Kevin Yosua Butarbutar

Keywords:

Work Load Analysis, Workload, Overtime Hours, Job Description

Abstract

PT Cipta Krida Bahari merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan logistik terintergrasi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya beban kerja karyawan dan menemukan upaya perbaikan terhadap terjadinya jam kerja lembur yang cukup tinggi pada departemen gudang dengan menggunakan metode work load analysis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik perhitungan beban kerja. Adapun hasil dari penelitian ini adalah perlu dilakukannya penambahan karyawan pada bagian checker sebanyak 1 orang sehingga total karyawan pada bagian ini menjadi 4 orang serta 1 orang pada bagian operator forklift sehingga total karyawan operator forklift menjadi 4 Orang. Total karyawan pada Departement Warehouse PT Cipta Krida Bahari sebelum dilakukan penambahan karyawan adalah sebanyak 9 orang dengan nilai EU (efisiensi dan prestasi kerja unit) sebesar 0,43 dengan prestasi kerja unit adalah “kurang” sedangkan setelah penambahan karyawan menjadi sebanyak 11 orang (3 orang Admin, 4 orang Checker, 4 orang Oprator Forklit), nilai EU (efisiensi dan prestasi kerja unit) naik menjadi 0,92 dengan prestasi unit adalah “baik”. Oleh karena itu dengan adanya penambahan karyawan tersebut beban kerja pada departemen ini sesuai sehingga karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan optimal dan baik, serta pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

References

Daniel., & Palullungan, D. (2021). Analisis Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Karyawan Packing PT X Menggunakan Work Load Analysis Dan NASA-TLX. Journal of Industrial Engineering and Management Systems. Veral Online: http://Journal.ubm.ac.Id /Index.php/jiems.

Hermanto, H., & Widiyarini, W. (2020). Analisis Beban Kerja Dengan Metode Work Load Analysis Dalam Menentukan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Di PT INDOJT. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, https://doi.org/10.20961/performa.19.2.46467.

Ihsan, M., Fathimahhayati, L, D., & Pawitri, T, A. (2019). Analisis Beban Kerja Dan Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Dengan Menggunakan Metode Work Load Analysis (WLA) Dan ECRS. JIME (Journal of Industrial and Manufacture Engineering).

Moektiwibowo, H., Rahmawati, A., & Arianto, B. (2019). Optimalisasi Beban Kerja Operator menggunakan Metode Work Load Analysis (WLA) pada Operator Filling Liquid. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/viewFile/199/ 177.

Muna, N. (2021). Pengukuran Beban Kerja Dan Optimalisasi Jumlah karyawan Menggunakan Metode Work Load Analysis (WLA) dan Work Force Analysis (WFA) Pada Stasiun Kerja Packing Shift Pagi Divisi Kacang Atom. Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Nugroho, S., Djoko, S., & Nuha, H. (2017). ANALISA BEBAN KERJA DALAM PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA OPTIMAL PADA DEPARTEMEN PACKING (Studi kasus PT. Arjuna Utama Kimia Surabaya). Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 1–15.

Putra, R. S. (2018). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya Dengan Job Stress Sebagai Variabel Intervening. Media Mahardhika, 16(3), 414–429.

Utomo, W. (2018). Analisis Beban Kerja Karyawan Menggunakan Metode Work Load Analysis (WLA) Pada PT Angkasa Pura II (PERSERO).

Chois, M., Kurniawan, J. & Sihombing, S (2018). Manajemen Logistik Dan Transportasi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winardi, E, W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Research And Development (R&D).

Downloads

Published

2022-12-31