Pengendalian Persediaan Bahan Bakar Minyak Jenis Solar Menggunakan Metode Probabilistik Continuous Review (s,Q) di PT XYZ

Authors

  • Erna Mulyati
  • Reza Fayaqun
  • Antoni Nur Arifin

Keywords:

Overstock, Safety Stock, Reorder Point, Continuous Review s,Q

Abstract

PT XYZ saat ini menghadapi masalah persediaan bakar minyak jenis solar yang berlebih (overstock). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui jumlah persediaan pengaman (safety stock) yang harus tersedia, titik reorder point dan jumlah pemesanan optimum untuk setiap pemesanan, serta mengetahui total biaya persediaan optimum yang harus dikeluarkan perusahaan. Metode yang digunakan adalah continuous review . Hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh jumlah persediaan pengaman (safety stock) yang harus tersedia sebesar 1.029,33 liter, reorder point adalah 3.958,59 liter, jumlah pemesanan optimum bahan bakar minyak jenis solar untuk setiap pemesanan sebesar 8.315,25 liter, serta total biaya persediaan optimum yang harus dikeluarkan perusahaan sejumlah Rp. 3.434.721.180. Selisih total biaya persediaan antara kebijakan perusahaan dengan metode continuous review  sebesar Rp. 80.984.430 atau terjadi penghematan 2.30% sehingga menunjukkan bahwa metode continuous review  lebih baik dibandingkan kebijakan perusahaan saat ini.

References

Hartati, M., Marchelman., Silvia., Norhiza, F., Nurainun, T. (2019). Penentuan Kebijakan Persediaan Obat dengan Analisis ABC dan Continuous Review pada Klinik X.

Heizer, Jay., Render, Barry. (2015). Operations Management, 11th edition. London: Pearson Prentice Hall

Herlinda, S., Said, M., Gofar, N., Pratama, F., Sulastri, Inderawati, R., Putri, I., & Nurhayati. (2010). Metodologi Penelitian (Pertama). Lembaga Penelitian Universitas Sriwijaya.

Syamil Rio., Ridwan Ari., Santosa Budi. (2018). Penentuan Kebijakan Persediaan Produk Kategori Food dan Non-Food Dengan Menggunakan Metode Continuous Review s,S dan s,Q Di PT XYZ Untuk Optimasi Biaya Persediaan. Jurnal Integrasi Sistem Industri 5 (1) pp 49-55.

Downloads

Published

2022-12-31