Analisis Kelayakan Pembelian Kendaraan Operasional di PT Pos Logistik Head Office Jakarta

Authors

  • Eduard Sondakh
  • Rivonne Febila Ridwan

Keywords:

analisis kelayakan, biaya operasional kendaraan

Abstract

Sebagai salah satu anak perusahaan PT Pos Indonesia, PT Pos Logistik Indonesia menggunakan sebuah kendaraan milik sendiri dan sebuah kendaraan yang disewa. Pada saat penelitian ini dibuat, perusahaan sedang mempertimbangkan pembelian sebuah kendaraan operasional. Untuk itu diperlukan suatu analisis untuk mengetahui apakah pembelian tersebut layak dilakukan. Di tahap awal Penulis melakukan perhitungan biaya operasional kendaraan (BOK) untuk mengetahui  biaya operasional per tahunnya. Setelah itu, dengan menghitung Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP) berdasarkan aliran kas yang terjadi dilakukanlah analisis kelayakan pembelian kendaraan tersebut. Dari penelitian ini diperoleh bahwa BOK rute Jakarta - Surabaya sebesar Rp 375.615.160/tahun dan aliran kas yang terjadi menghasilkan NPV sebesar Rp 3.086.695.985, IRR sebesar 48%, dan Payback Period selama 1 Tahun 6 Bulan lebih cepat dari umur ekonomis kendaraan yang bernilai 5 Tahun. Analisis yang dilakukan merekomendasikan pembelian kendaraan tersebut.

References

Mahendra, Taufik, dan Djuniati. Tinjauan Evaluasi Kelayakan Finansial Bus Trans Metro Pekanbaru. Jom FTEKNIK. 2017; Vol. 4 (2): 1-8.

Andriyanto, Nuraisiyah. Analisis Komparatif Kelayakan Investasi antara Kendaraan Toyota Avanza Milik Sendiri dengan Sewa di PT Pindad International Logistic Rute Bandung-Jakarta. Jurnal Logistik Bisnis. 2020; Vol. 10 (1): 61-66. https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.698

Bussey, Eschenbach. The Economic Analysis of Industrial Projects. 2nd Ed. New Jersey: Prentice Hall. 1992.

Newnan. Engineering Economic Analysis. 3rd Ed. Jakarta: Binarupa Aksara. 1990

Downloads

Published

2022-12-31