Analisis Keterlambatan Pengiriman Tiang Telepon Dan Kabel Dalam Proyek Bisnis Pos Logistics Cabang Bandung Menggunakan Metode DMAIC

Authors

  • Charles Marsello Hersanto
  • Saptono Kusdanu Waskito
  • Syifa Azzahra
  • Erna Mulyati

Keywords:

Proyek Bisnis, Pengiriman, DMAIC, Analisis Faktor

Abstract

Pengiriman barang merupakan proses yang berkaitan langsung dengan pelanggan, karena di dalamnya memuat ketentuan – ketentuan yang telah disepakati bersama. Jika proses pengiriman barang terjadi keterlambatan, maka akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan. Dalam kaitannya proses pengiriman barang, penulis mendapatkan permasalahan keterlambatan pengiriman yang terjadi di Pos Logistics Cabang Bandung. Kondisi kendaraan yang kurang prima dan tidak tersedianya ban cadangan menjadi penyebab terjadi keterlambatan pengiriman barang ke tempat tujuan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis faktor penyebab terjadinya keterlambatan pengiriman tiang telepon dan kabel ke wilayah Solok, Sumatera Barat dan Mandailing Natal, Sumatera Utara dan memberikan rencana perbaikan atas permasalahan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah DMAIC. Hasil penelitian ini menjelaskan terdapat beberapa usulan perbaikan yang dapat digunakan oleh perusahaan guna meminimalisir terjadinya keterlambatan barang yaitu membuat kebijakan sanksi tegas yang tercantum dalam surat perintah kerja bila terjadi keterlambatan, mengganti kendaraan yang berusia tua, menyediakan ban cadangan, memiliki relasi dengan bengkel – bengkel yang rutenya dilewati kendaraan pengangkut dan perusahaan wajib memberikan uang jalan pada sopir

References

A. A. Musyafah, H. W. Khasna and B. E. Turisno, "Perlindungan Konsumen Jasa Pengiriman Barang Dalam Hal Terjadi Keterlambatan Pengiriman Barang," Jurnal Law Reform, vol. 14, no. 2, p. 151, 2018.

N. I. Prima, Sujiono and H. Sumarsono, "Pentingnya Penerapan Model Service Quality (Servqual) Dalam Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Barang Pada Kantor Pos Ponorogo," Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 50-51, 2018.

N. M. Septyawati, I. N. P. Budiartha and L. P. Suryani, "Tanggung Jawab PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Tabanan Terhadap Wanprestasi Pengiriman Barang," Jurnal Analogi Hukum, vol. 3, no. 1, pp. 75-78, 2021.

PT. Pos Logistik Indonesia, "PosLogistics," 2021. [Online]. Available: https://www.poslogistics.co.id/. [Accessed 2 August 2022].

F. A. Lestari and N. Purwatmini, "Pengendalian Kualitas Produk Tekstil Menggunakan Metode DMAIC," Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, vol. 5, no. 1, p. 80, 2021.

A. L. Feby and P. Nining, "Pengendalian Kualitas Produk Tekstil Menggunakan Metode DMAIC," Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, vol. 5, p. 81, 2021.

Cholifaturochmah and dkk, "Upaya Mengurangi Waste Pada Produksi Kerudung Dengan Penerapan Metode Lean Six Sigma do Umkm Arryna Raya," Integrasi Sistem Industri, vol. 9, p. 39, 2022.

E. Mulyati and A. Zahradika, "Analisis Penyebab Dead Stock Sparepart Kapal Menggunakan Metode DMAIC Di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Pada Divisi Supply Chain Management," Jurnal Logistik Bisnis, vol. 12, no. 1, p. 39, 2022.

A. Sofiana and E. Sanggala, "Meminimalisirkan Gagal Antar di Kantor Pos Mojokerto Dengan Metode DMAIC," Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, vol. 5, no. 1, pp. 5-6, 2021.

Downloads

Published

2022-12-31