Travelling Salesman Problem Pada Proses Pick-Up Kiriman Mitra Pada Kantor Pos Surabaya Selatan Menggunakan Nearest Neighbor Dan Clarke And Wright Saving Algorithm

Authors

  • Reza Fayaqun
  • Aulia Nuvita

Keywords:

Traveling salesman problem, neighbor algorithm, clarke and wright saving algorithm

Abstract

Penentuan Rute dalam kegiatan logistic sangatlah penting guna menghindari keterlambatan pengiriman. Ketepatan waktu pengiriman merupakan indicator utama dalam penilaian kualitas suatu jasa logistic. PT POS Indonesia merupakan pioneer perusahaan jasa logistic yang menyediakan layanan pick up service yaitu menjemput kiriman kepada beberapa mitra yang melakukan Kerjasama. Terdapat 17 mitra yang melakukan kerjsama pada PT POS Surabaya Selatan. Data awal menunjukan jarak tempuh driver dan waktu tempuh dalam menjemput kiriman adalah 53,24 km dengan waktu tempuh 7 jam 39 menit. Metode yang digunakan untuk memecahkan permasalah Traveling Salesman Problem (TSP) adalah nearest neighbor dan clarke and wright saving algorithm, dimana hasil yang diperoleh adalah mengurangi total jarak menjadi 43,06 km dan waktu tempuh menjadi 6 jam 50 menit dengan menggunakan metode nearest neighbor dan 43,76 km dengan metode clarke and wright saving algorithm. Dengan menggunakan metode nearest neighbor dapat melakukan penghematan rute sebesar 10.18 km dan selisih waktu adalah 49 menit.

References

Pertiwi, P. P., Iriani, I., & Aryanny, E. (2020). Penentuan Rute Distribusi Produk Untuk Meminimumkan Biaya Distribusi Dengan Metode Algoritma Clark And Wright Saving Heuristic di PT X. Juminten, 1(2), 24–32.

Pratiwi, W. (2020). Penentuan Rute Distribusi Optimal Dengan Metode Clarke and Wright Savings Dan Nearest Neighbor Pada Pt. Sinar Sosro. Universitas Sumatera Utara.

Sutoyo, I. (2018). Penerapan Algoritma Nearest Neighbour untuk Menyelesaikan Travelling Salesman Problem. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, XX(1), 101–106.

Downloads

Published

2022-12-31