Perancangan Penentuan Kebutuhan Inventory Spare Part Di Pt XYZ Menggunakan Metode Deterministik

Authors

  • Amri Yanuar
  • Zita Mayza Sukma

Keywords:

FSN Analysis, Algoritma Wagner Within, Spare part

Abstract

Ketidakpastian menjadikan perusahaan perlu untuk menentukan jumlah persediaan minimum dan maksimum pada spare part yang dikelola. Tidak adanya standart pada saat persediaan spare part mengakibatkan persediaan spare part yang overstock. Kelebihan spare part menyebabkan penumpukan persediaan yang ada di bengkel (workshop). Namun apabila terjadi kekurangan spare part akan menghambat proses maintenance pada kendaraan operasional. Berdasarkan jenis data yang digunakan, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif yang akan menghasilkan angka-angka. Metode yang digunakan dalam pengendalian persediaan spare part bengkel PT XYZ adalah menggunakan Metode FSN analysis dan Metode Algoritma Wagner Within. Pengklasifikasian spare part berdasarkan laju pemakaiannya yang masuk kategori fast moving sejumlah 16 jenis spare part, slow moving 17 jenis spare part, dan non-moving sejumlah 16 jenis spare part. Menggunakan metode Algritma Wagner Within bengkel PT XYZ memiliki prediksi total biaya persediaan sebesar Rp.78.126.294,- lebih rendah dari sistem yang digunakan bengkel PT XYZ sebesar Rp.95.922.810.- PT. XYZ dapat menghemat biaya persediaan sebesar Rp.17.796.516,- Bengkel PT XYZ perlu menerapkan metode Algoritma Wagner Within sebagai metode yang digunakan dalam melakukan pengendalian persediaan spare part yang dimiliki dan untuk mengetahui jumlah pemesanan serta waktu pemesanan yang tepat sehingga Bengkel PT XYZ dapat menghemat biaya persediaan.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogjakarta: Penerbit Pustaka Ilmu

Putnomo, H. Riani, L.P. Optimalisasi Pengendalian Persediaan. Kediri: Fakultas Ekonomi Universitas Nusatara PGRI Kediri

Proceeding:

Devarajan, D., & Jayamohan, M. S. (2016). Stock Control in a Chemical Firm:Combined FSN and XYZ Analysis. Procedia Technology, 24, 562-567.

Texbooks:

Hudori, M., & Tarigan, N. T. B. (2017). Pengukuraan Kinerja Persediaan dDi Gudang Bahan Baku Menggunakan Turn Over Ratio (TOR) Pada Industri Manufaktur. Jurnal Citra Widya Edukasi

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

2022-12-31