Pengembangan Aplikasi Berbasis Octave dan VBA Excel Untuk Media Pembelajaran Penyelesaian TSP Dengan Nearest Neighbour

Authors

  • Ekra Sanggala
  • Rizki Rahma Putra

Keywords:

TSP, Nearest Neighbour, Media Pembelajaran, Octave, VBA Excel

Abstract

Travelling Salesman Problem (TSP) merupakan permasalahan pencarian rute terpendek, dimana rute ini diawali dari titik start kemudian mengunjungi sekumpulan titik tepat sekali dan diakhiri dengan kembali ke titik start. Nearest Neighbour (NN) mungkin merupakan heuristik paling sederhana dan paling mudah untuk menyelesaikan TSP. Walaupun NN merupakan heuristik yang sederhana dan mudah, seringkali untuk memahaminya tidak cukup dengan pemaparan melalui kalimat saja, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang mampu menjelaskan NN dalam menyelesaikan TSP. Dengan memanfaatkan kemampuan GNU Octave yang cepat dalam menyelesaikan perhitungan dan kemampuan VBA Excel untuk menampilkan langkah-langkah perhitungan ke dalam spreadsheet, maka dapat dibuat sebuah media pembelajaran berbasis komputer untuk memahami NN dalam menyelesaikan TSP.

References

D.L. Applegate, R.E. Bixby, V. Chvatal, and W.J. Cook, The Traveling Salesman Problem A Computational Study, Princeton University Press, New Jersey, 2006.

C. Nilsson, Heuristics for The Traveling Salesman Problem, Linkoping University.

K. Kumar, D. Zindani, and J. Paulo Davim, Metaheuristics Optimizing Engineering Problems Through Heuristic Techniques, CRC Press, USA, 2020.

I. Mulyani Sihotang, Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Menyusun Laporan Keuangan, Universitas Negeri Padang, 2015.

J. Schmidt Hansen, GNU Octave Beginner’s Guide, PACKT, Birmingham, 2011.

M. Catana, C. Neagu, and S. Tonoiu, Scheduling of Job-Shop Production Projects with Microsoft Office Excel, Academic Journal of Manufacturing Engineering, Vol. 7, pp.31-36, April 2009.

A. Katz, Beginning Microsoft Excel 2010, Apress, New York, 2006.

J. Walkenbach, Excel 2010 Power Programming with VBA, Wiley Publishing, Indiana 2010.

https://www.omnicalculator.com/math/euclidean-distance

Downloads

Published

2022-12-31