Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Pada Divisi Finished Goods Warehouse di PT Global Dairi Alami Menggunakan Metode Shared Storage

Authors

  • Achmad Andriyanto
  • Alin Nasroh

Keywords:

Tata Letak Gudang, Shared storage, Material handling

Abstract

PT Global Dairi Alami adalah perusahaan industri peternakan sapi terpadu, yang dimana nantinya akan menghasilkan susu segar (fresh milk) yang diolah dan diproses serta dikemas dalam kemasan milk life. Milk life adalah produk susu yang diproduksi oleh PT Global Dairi Alami. PT Global Dairi Alami mempunyai gudang barang jadi atau finished goods warehouse, Permasalahan penempatan dan penyusunan produk milk life yang mempunyai frekuensi tinggi letaknya jauh dari pintu keluar masuk atau loading dock. Permasalahan tersebut berdampak pada waktu proses pengambilan produk membutuhkan waktu lama sehingga membuat waktu menjadi tidak efisien. Perbaikan layout gudang menjadikan proses penempatan produk dengan diurutkan mulai dari produk yang memiliki freluensi permintaan tertinggi hingga terkecil. Shared storage melakukan proses pengelompokan produk untuk disimpan pada rak menggunakan prinsip First in first out (FIFO) dan setiap produk ditempatkan di area yang  sesuai tingkat aktivitasnya. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, barang yang mempunyai frekuensi tertinggi harus ditempatkan pada area yang terdekat dengan pintu (I/O). Total jarak tempuh sebelum menggunakan shared storage memperoleh 232,06 m dan sesudah menggunakan shared storage meperoleh jarak tempuh sebesar 88,88 m sehingga mendapatkan selisih 142,66 m, hal ini dapat memudahkan dalam proses pemindahan material handling sehingga memperoleh waktu yang efisien.

References

David. (2012). Warehouse dan Distribution. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Francis, R. (2012). Facility Layout and Location And Analitytical Approach,second Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Hadiguna, R. A. (2013). Tata letak pabrik. Yogyakarta: Andi.

Mayers. (2015). Manufacturing Facilities Design and Material handling. Jakarta: Rineka Cipta.

Noor, I. (2018). Peningkatan Kapasitas Gudang dengan Redisign Layout Mengunakan Metode Shared storage. Studi Teknik Industri, 70-82.

Putri, M. d. (2015). Rancangan Perbaikan Tata Letak Gudang Barang Jadi Poduk Stamping Parts Pada PT CSM Berdasarkan Metode Fussy Subtractive Clubtering Algorithm. Jurnal Ilmiah Teknik Industri , 130 – 140.

Siahaya. (2013). Sukses Supply Chain Management. Jakarta: Prasetya Mulya.

Sugiharto. (2014). Tata letak gudang. Surabaya: Media.

Suryani, E. (2013). Pemodelan dan Simulasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna, E. d. (2015). Analisis Perbaikan Tata Gudang PT PLN (Persero) APJ Bandung dengan Menggunakan metode Shared storage. Jurnal Logistik Bisnis, Vol.5., Politeknik Pos Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-31