Penentuan Rute Collecting Paket Kiriman di DC Ujung Berung PT Pos Indonesia Menggunakan Metode Saving Matrix

Authors

  • Salsabella Benawardiah
  • Hilman Setiadi

Keywords:

Delivery Centre, Saving Matrix, Perpendekan Rute Kendaraan, Kapasitas

Abstract

Delivery Centre Ujung Berung PT Pos Indonesia merupakan Kantor Cabang yang membantu mentransportasikan paket konsumen yang dikirim dari Mail Processing Centre (MPC) ke daerah sekitar Ujung Berung. Kantor Cabang ini juga bisa menjadi “wadah” paket kiriman masyarakat wilayah ujung berung sebelum diambil Mail Processing Centre (MPC). Dalam kegiatan ini terdapat masalah yang ditemukan dalam pengoperasian perusahaan ini yaitu lamanya proses collecting paket kiriman. Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal seperti macet, picking berulang, dsb. Keterlambatan paling banyak disebabkan oleh rute collecting kurang baik. Dalam memperbaiki rute collecting dipilihlah metode saving matrix untuk penyelesaiannya. Saving Matrix merupakan metode yang digunakan untuk menentukan jarak, rute, waktu atau ongkos dalam pelaksanaan pengiriman barang dari perusahaan kepada konsumen. Metode ini bertujuan agar pengiriman barang yang sesuai pesanan konsumen dapat dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya, tenaga, dan waktu pengiriman. Langkah-langkah dalam penyelesain masalah ini adalah dengan menghitung matriks jarak, menghitung nilai saving dan melakukan iterasi. Pada penelitian ini didapatkan kapasitas kendaraan sebesar 192 m3 dan 2 rute baru yaitu DC-A-G-DC, dan DC-B-C-D-E-F-H-DC Rute baru dianggap lebih baik dibandingkan rute sebelumnya karena memiliki jarak total lebih sedikit ketimbang rute sebelumnya. Jarak total rute sebelum di optimasi adalah 69,1 km sedangkan rute setelah dioptimasi menggunakan metode saving matrix adalah 65 km.

References

Arifudin, A., Broto, P. W., & Parwati, C. I. (2017). Optimalisasi Vehicle Routing Problem dengan Pendekatan Metode Saving Matrix dan Clark & Wright Heuristic. REKAVASI, 01-09.

Fitri, S. R. (2018). Optimasi Jalur Distribusi Produk Dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Untuk Penghematan Biaya Operasional. Valtech, 103-109.

Hermanto, K., Utami, S. F., & Abdul Jabbar, W. U. (2021). Aplikasi Model VRP dan Metode Saving Matrix untuk Mengoptimalkan Rute Pendistribusian Pupuk di CV Al-Zaman. TEKINFO.

Indrawati, Eliyati, N., & Lukowi, A. (2016). Penentuan Rute Optimal Pada Pengangkutan Sampah di Kota Palembang dengan Menggunakan Metode Saving Matrix. Jurnal Penelitian Sains, 105-110.

Instaningrum, M. (2010). Pengiriman dan Penjadwalan Dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Study Kasus Pada PT. Sukanda Djaya Yogyakarta. Penentuan Rute.

Senator, N. B, (2021). Pengantar Sistem Logistik dan Rantai Pasok, ITB Press

Supardi, Edi dan Sianturi, Ruben Chandra (2020). Metode Saving Matrix Dalam Penentuan Rute Distribusi Premium Di Depot SPBU Bandung, Jurnal Logistik Bisnis, Vol. 10, No.1, Mei 2020

S. Supriyadi, K. Mawardi, and A. Nalhadi, “Minimasi Biaya dalam Penentuan Rute Distribusi Produk Minuman Menggunakan Metode Savings Matrix,” in Seminar Nasional Institut Supply Chain dan Logistik Indonesia (ISLI), 2017, pp. 1–7.

Published

2022-12-31