Kelayakan Implementasi Vendor Managed Inventory di PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Authors

  • Wiwis Undariyanto Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v13i1.2952

Keywords:

Vendor Held Stock, Vendor Managed Inventory, Kelayakan, Produk

Abstract

Vendor Managed Inventory (VMI) adalah salah satu bentuk kolaborasi dalam rantai pasokan dengan tanggung jawab pengendalian persediaan diserahkan kepada vendor. Konsep ini memungkinkan vendor yang menentukan kebijakan inventori terkait jumlah dan kapan barang dipesan. Salah satu adaptasi konsep VMI adalah Vendor Held Stock Bahan Bakar Minyak (VHS BBM) yang merupakan inisiatif vendor dalam memasarkan produk BBM ke perusahaan. PT Kereta Api Indonesia (persero) adalah salah satu perusahaan yang membeli BBM dengan sistem VHS. Perusahaan mendapat manfaat berupa tingkat ketersediaan barang yang tinggi dan ongkos simpan inventori yang rendah. Banyak barang yang dibutuhkan perusahaan yang pengelolaannya dilakukan dengan sistem inventori tradisional atau transaksional. Akibatnya nilai persediaan perusahaan cukup besar namun dengan tingkat pelayanan yang rendah. Oleh karena itu, Perusahaan dapat memperluas cakupan barang yang dikelola dengan sistem VMI untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Untuk itu perusahaan perlu mengambil keputusan untuk memilih produk barang yang tepat dikelola dengan sistem VMI dan pemasok yang tepat untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan suatu metode penelitian melalui analisis kasus dalam menentukan kelayakan suatu produk dikelola dengan sistem VMI di perusahaan. Hasil studi menunjukkan, suatu produk yang memenuhi persyaratan  dapat dikelola dengan sistem VMI dan perusahaan dapat memperoleh manfaat yang diharapkan.

References

Bahagia, S., N., (2006), Sistem Inventori, Bandung, Penerbit ITB.

Bookbinder, J., Gümü?, M., & Jewkes, E., (2010). Calculating the benefits of vendor managed inventory in a manufacturer-retailer system, International Journal of Production Research, vol. 48, no. 19, pp. 5549-5571.

Disney, S. M. & Towill, D. R. (2003), The effect of vendor managed inventory dynamics on the bullwhip effect in supply chains, International Journal of Production economics, no. 85, pp 199-215.

Hammer, H., & Bernasconi, C., (2016). Best practice in implementing VMI, ECR Community.

Lambert, D. M., Cooper, M. C., & Pagh, J. D. (1998), Supply Chain Management: Implementation Issues and Research Opportunities. The International Journal of Logistics Management, 9(2), 1–20.

Loro, C., & Mangiaracina, R., (2021): A multi attribute value theory to asses the benefits of vendor managed inventory, International Journal Integrated Supply Management, Vol.14, No.3.

McBeath, Bill (2003). The truth about VMI. Chainlink Research.

Niranjan, T., Wagner, S., & Nguyen, S., (2012). Prerequisites to vendor managed inventory, International Journal of Production Research, vol. 50, no. 4, pp. 939-951.

Vigtil, A. (2007): A Framework for Modelling of Vendor Managed Inventory. Trondheim: Department of Production and Quality Engineering, Norwegian University of Science and Technology.

Whipple, J. M., Lynch, D. F., Judith, Nyaga, G.,N., (2009), A Buyer's perspective on collaborative versus transactional, Industrial Marketing Management.

Zhang, X., J., Wu, Y., dan Zhang, Z., (2019), Vendor Managed Inventory System Adaptability, Advances in Economics, Business and Management Research, volume 106.

Downloads

Published

2023-07-12