Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Online Food Delivery (OFD)

Authors

  • Dani Leonidas Sumarna Universitas Logistik Bisnis Internasional
  • Darfial Guslan Universitas Logistik Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v13i2.3368

Keywords:

Pengiriman Makanan Online, Penggunaan Jasa Pengiriman Online, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan, Privasi dan Keamanan, Orientasi Penghematan Waktu

Abstract

Di era teknologi yang maju ini, pengiriman makanan online (OFD) telah menjadi gaya hidup sebagian besar  orang. Bisnis OFD berkembang pesat, dan bagi pengusahan makanan yang menyediakan jasa OFD yang ingin meningkatkan niat perilaku konsumen untuk menggunakan OFD harus mengetahui  dan dapat mengidentifikasi faktor-faktor  penting yang dapat mempengaruhi niat konsumen untuk menggunakan OFD sehingga akan dapat meningkatkan manfaat bisnis bagi pengusaha yang menyediakan layanan OFD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal apa saja yang memberi pengaruh kepada konsumen untuk menggunakan aplikasi layanan pesan-antar makanan (OFD). Hasil pengolahan dengan SmartPLS menunjukkan kemudahan penggunaan jasa OFD, Kualitas layanan jasa OFD, Privasi dan Keamanan jasa OFD, dan Orientasi Penghematan Waktu berdampak positif dan signifikan terhadap Tingkat Penggunaan jasa OFD

References

Aryani, Dwi Nita et al. 2022. “Factors Influencing Consumer Behavioral Intention to Use Food Delivery Services: A Study of Foodpanda.” Journal of The Community Development in Asia 5(1): 69–79.

Chai, Lau Teck, and David Ng Ching Yat. 2019. “Online Food Delivery Services: Making Food Delivery the New Normal.” Journal of Marketing Advances and Practices 1(1): 62–77.

Hair, Joseph F., Jeffrey J. Risher, Marko Sarstedt, and Christian M. Ringle. 2019. “When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM.” European Business Review 31(1): 2–24.

Hair Jr, Joseph F., Hult, G Tomas M., Ringle, Christian M Sarstedt, Marko. 2017. A Primer On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2e ed. SAGE.

Novita, Dian, and Nurul Husna. 2020. “The Influence Factors of Consumer Behavioral Intention.” Jurnal TECHNOBIZ 3(2): 40–42.

Wong, Ken Kwong-kay. 2013. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Tecniques Using SmartPLS.” Marketing Bulletin 24: 1–32.

Yeo, Vincent Cheow Sern, See Kwong Goh, and Sajad Rezaei. 2017. “Consumer Experiences, Attitude and Behavioral Intention toward Online Food Delivery (OFD) Services.” Journal of Retailing and Consumer Services 35(July 2016): 150–62. http://dx.doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.12.013.

Downloads

Published

2023-12-31