Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Metode Saving Matrix Untuk Meningkatkan Load Factor di PT Pos Indonesia Mail Processing Centre Bandung 40400

Authors

  • Achmad Andriyanto Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Dafa Achmad Falevi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v14i1.3592

Keywords:

Saving Matrix, Saving Algorithm, Load Factor, Rute, Distribusi

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam pengiriman paket dan surat ke setiap delivery centre adalah belum adanya penentuan rute distribusi yang disesuaikan dengan rata-rata pengiriman. Hal ini terjadi karena belum adanya perhitungan secara matematis dalam penentuan dan penjadwalan rute. Sehingga mengakibatkan belum terciptanya rute distribusi yang efisien serta rata-rata  persentase load factor pada pengiriman ke setiap delivery centre menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan pengiriman yang efisien dengan penghematan jarak tempuh, peningkatan load factor, serta penghematan biaya BBM. Dengan begitu perlu dilakukan perhitungan secara matematis dengan menggunakan metode saving matrix dan nearests neighbor. Dari hasil perhitungan menggunakan metode saving matrix dan nearest neighbor di dapat rute terbaru dan terjadi penghematan jarak tempuh dalam satu kali pengiriman. Total jarak rute eksisting sebesar 367,7 Km menjadi 191,1 km untuk pengiriman pertama dan 204 km untuk pengiriman kedua. Peningkatan load factor terjadi untuk pengiriman pertama meningkat sebesar 60,8% dengan total persentase sebesar 86,9% dari yang sebelumnya hanya sebesar 26,08% dan pengiriman kedua meningkat sebesar 48,4% dengan total persentase sebesar 69,1% dari yang sebelumnya hanya sebesar 20,74%. Biaya BBM juga mengalami penghematan yaitu sebesar Rp 160.000 untuk pengiriman pertama dan 170.000 untuk pengiriman kedua dari biaya awal masing-masing sebesar Rp308.000.

References

Bisma, M. A., & Sanggala, E. (2023). Genetic Algorithm for Improving Route of Travelling Salesman Problem Generated by Savings Algorithm. Sainteks: Jurnal Sain dan Teknik, 5(1), 102-111.

Bowersox, J. Closs and M. B. Cooper. (2002). Supply chain logistics management. New York: McGraw-Hill Education.

NITI Aayog, & RMI. (2021). Fast Tracking Freight in India. June, 140. https://www.niti.gov.in/sites/default/files/2021-06/FreightReportNationalLevel.pdf

Nurjanah, N., Setiadi, H., & Azizah, M. (2022). Penentuan Rute Distribusi Produk Pangan Komersial Pada Perusahaan XYZ Menggunakan Metode Saving Matrix. Jurnal Logistik Bisnis, 12(2), 38-41.

Pietersz, G. (2005) Load factor. Diakses dari https://moneyterms.co.uk/load-factor/

Santén, V., & Rogerson, S. (2018). Shippers’ transport efficiency: An approach for measuring load factor. Logistics Research, 11(1), 0–15. https://doi.org/10.23773/2018_3

Series, S. F. (2021). Maximizing Truck Load Factor. 1–7.

Pujawan, I, N. (2017). Supply chain management. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Wulandari, T, R. & Mulyono, A. (2022). The Saving Matrix Method for Improving Distribution Efficien. Bandung, Jurnal Penelitian

Downloads

Published

2024-06-30