ANALISIS JALUR PICK UP BARANG E-COMMERCE DENGAN METODE ANT COLONY OPTIMIZATION DI RPX BANDUNG
Abstract
RPX Group merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bisnis penyediaan logistic pemegang lisensi FedEX (Federal Express Coorperation) yang bergerak dibidang Express Domestik dan Internasional. Dalam melakukan kegiatan pickup RPX Bandung tentunya menginginkan rute kunjungan terbaik, namun RPX Bandung belum memiliki metode tertentu untuk mengetahui rute kunjungan yang digunakan selama ini sudah optimal atau belum, dan Penulis tertarik untuk melakukan analisis dalam rute kunjungan kegiatan pickup tersebut.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan oleh Penulis sebagai usulan untuk pemecahan masalah adalah Ant Colony Optimization (ACO) yaitu metode bedasarkan pengamatan langsung dari sekelompok semut yang mencari rute terpendek untuk mencari makan dari sarang mereka sampai ke tempat makan itu berada dan kembali lagi ke sarang mereka. Penulis melakukan penelitian rute di wilayah Bandung Selatan yang memiliki jumlah pick-up terbanyak sehingga akan menghasilkan pendapatan terbesar untuk RPX Bandung
Berdasarkan hasil analisis rute dengan metode ACO, selisih jarak tempuh rute kunjungan sebelum dan sesudah dianalisis adalah sebesar 8,7 Km. Sedangkan untuk selisih biaya penggunaan BBM perhari sebesarnya Rp 11.147 sedangkan jika satu bulan selisih penggunaan BBM adalah sebesar Rp 289.822, dan jika dalam waktu setahun terjadi selisih biaya yang dapat dihemat sebesar Rp. 3.477.864. Rute kunjungan yang sebaiknya digunakan oleh RPX Bandung adalah RPX Bandung – Air Clothing – Eigerindo – T&H – Japan Seven – Ozone Bag – Hidup Damai – Revaldo – KMD – SP Shop – Rpx Bandung.