ANALISIS PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN MAP/NIKE JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DI PT AGILITY INTERNATIONAL
Abstract
jasa layanan pergudangan untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya secara global. Kata “Agility†menjelaskan budaya organisasi, kecepatannya dan ketangkasannya dalam menanggapi kebutuhan konsumen. Untuk ikon yang digunakan oleh PT Agility Internasional adalah seekor naga, merupakan sebuah metafora yang kuat, yang umum antar kebudayaan yang berbeda didunia. Agility melambangkan kebijaksanaan, kemandirian, warisan, pemberdayaan, kepemimpinan, perdagangan, kekuatan, dan kecepatan. PT Agility Internasional (Pondok Ungu) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pergudangan dan pendistribusian yang berkonsentrasi pada bisnis pendistribusian footware, apparel dan equipment.
Untuk membantu perusahaan dalam melakukan proses pendistribusian, penulis mengusulkan agar perusahaan menggunakan Savng Matrix, untuk mengetahui beberapa konsumen yang dapat digabungkan dalam sekali proses pengiriman sehingga dapat terlihat penghematan penggunaan armada dan juga rute yang akan dilalui sehingga perusahaan bisa menjadi lebih efektif dan efisien dalam pengiriman. Hasil penelitian dari sampel yang diambil untuk bulan Maret-Mei 2017 menggunakan 4 armada truck jenis Colt Diesel Double (CDD), menunjukan hasil yang lebih efektif dengan berdasarkan Sweep dapat diketahui jadwal yang minimum adalah rute pertama yaitu DC-D-A-F-DC dengan total jarak 39,7 km. Dan untuk rute kedua dengan menggunakan metode tersebut maka hasil rute terbaik adalah DC-C-B-E-DC dengan total jarak 38,2 km. Untuk penghematan jarak terjadi pada kedua rute, rute pertama yaitu DC-D-A-F-DC dengan total jarak penghematan sebesar 12,7 km untuk rute satu, selanjutnya rute kedua yaitu DC-C-B-E-DC dengan total jarak penghematan sebesar 5,8 km untuk rute kedua.