ANALISIS RUTE PICK UP BARANG DAILY CUSTOMER TERHADAP OPTIMASI RUTE PICK UP DI PT DIANTA DAYA EMBARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANT COLONY OPTIMIZATION (ACO)

Authors

  • Atika Hartati Situmeang
  • Dodi Permadi

Abstract

PT Dianta Daya Embara (DDE) merupakan salah satu perusahaan courier express yang berdiri sejak tahun 2015. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang memiliki customer atau pelanggan yang bersifat B2B (business to business). Customer DDE dari awal berdiri sampai dengan sekarang ada sebanyak 36 customer dengan jenis customer daily pick up (penjemputan barang harian secara rutin) dan non daily pick up (penjemputan barang harian tidak secara rutin). Rute pick up yang dilakukan dalam 1 hari terbagi menjadi 6 jalur yang dibagi lagi kedalam 2 wilayah, yaitu wilayah Jabodetabek 1 dan Wilayah Jabodetabek 2. Dalam kegiatan pickup ini PT Dianta Daya Embara menginginkan rute kunjungan terbaik, namun PT Dianta Daya belum memiliki metode tertentu untuk mengetahui rute kunjungan yang digunakan selama ini sudah baik atau belum, sehingga hal tersebut menarik untuk dianalisis.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan sebagai usulan untuk pemecahan masalah adalah Ant Colony Optimization (ACO) yaitu metode yang meniru sekawanan semut yang mencari rute terpendek untuk mencari makan dari sarang mereka sampai ke tempat makan itu berada. Batasan masalah untuk pemecahan masalah ini, dilakukan di wilayah Jabodetabek, penelitian hanya dilakukan di bagian pick up pada daily customer.
Berdasarkan perhitungan metode Algoritma ACO, selisih jarak tempuh rute kunjungan sebelum dan sesudah dianalisis adalah sebesar 264,69 Km. Sedangkan untuk biaya penggunaan BBM perhari sebesarnya Rp. 220.575,- dan untuk biaya tol sebesar Rp. 32.500. Rute kunjungan yang sebaiknya digunakan oleh PT Dianta Daya Embara adalah Jabodetabek 1: PT Dianta Daya Embara – Mirota – Givi – Sandmaster – Galaxy Dunia Halal – Gedung TMT – Baruna Dirga Dharma – Tri Swardana – Pan Asia – Energy Logistic – Duta Firza – Transdata - PT Dianta Daya Embara, dan untuk Jabodetabek 2: DDE – Shopee – Berca Niaga Medika – Fuji Electric – Aroma – CKB Cakung – DDE.

Downloads

Published

2018-11-01