EVALUASI KINERJA VENDOR TRUCKING DENGAN MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PERFORMANCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Authors

  • Sondang Habeahan
  • Amri Yanuar

Abstract

Penilaian perusahaan terhadap kinerja vendor merupakan salah satu faktor dari pemilihan vendor. Dengan demikian, perlu dilakukan evaluasi terhadap kinerja vendor yang akan memberikan gambaran tentang performance vendor. Evaluasi kinerja vendor adalah langkah awal untuk mendapatkan keuntungan dan kepuasan akan kinerja yang dihasilkan dalam suatu penyelesaian sebuah proyek oleh vendor, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas perusahaan dan dapat memberikan efisiensi bagi perusahaan.
Vendor merupakan mitra kerja lembaga atau perorangan, atau pihak ketiga yang menyediakan bahan, produk, maupun jasa kepada perusahaan untuk digunakan oleh perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan tersebut. Peran vendor ini sangat penting untuk mendukung aktivitas perusahaan dalam proses pengangkutan dan pendistribusian barang ke tempat tujuan dengan tepat waktu, demi tercapainya kegiatan perusahaan tersebut maka pihak perusahaan harus memperhatikan armada yang digunakan oleh vendor dimana hal ini merupakan unsur penting yang harus diperhatikan guna untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan dalam proses pengiriman barang.
Untuk melakukan evaluasi kinerja vendor ini maka digunakan metode technique for order performance by similarity to ideal solution (TOPSIS) dimana TOPSIS menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dari solusi ideal positif dan terjauh dari solusi ideal negatif dari sudut pandang geometris dengan menggunakan jarak Euclidean untuk menentukan kedekatan relatif dari suatu alternatif dengan solusi optimal. Metode TOPSIS didasarkan pada konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Berdasarkan hasil penilaian kinerja vendor menggunakan metode TOPSIS maka didapatkan vendor yang memiliki kinerja terbaik dimana vendor ini merupakan PT.Agung Perkasa Raya yang menempati nilai tertinggi yaitu 0,6938 yang artinya vendor ini merupakan vendor yang dapat direkomendasikan sebagai vendor yang memiliki kinerja terbaik di PT.INTI (Persero).

Downloads

Published

2018-11-01