ANALISIS PENCAPAIAN KEY PERFORMANCE INDICATOR DALAM UPAYA PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN DIFOTAI (STUDI KASUS: PT WIRA LOGITAMA SAKSAMA)

Authors

  • Regina Firsta Haris
  • Aditia Sovia Pramudita

Abstract

Pencapaian kinerja perusahaan harus selalu dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi tersebut merupakan penilaian terhadap apa yang didapatkan oleh customer dan akan menjadi bahan pertimbangan terhadap penggunaan jasa pada kemudian hari. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode sebagai alat analisis kinerja yang disebut dengan Key Performance Indicators. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya pencapaian Key Performance Indicators yang diperoleh PT Wira Logistics. Analisis akan dilakukan perhitungan menggunakan pendekatan Delivered In Full Accuracy Invoiced (DIFOTAI).
Key Performance Indicators ialah sebuah alat ukur baik finansial maupun non finansial yang berguna dalam peningkatan performansi karyawan. Peningkatan kualitas layanan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjaga persaingan bisnis dan memperoleh kepuasan pelanggan. DIFOTAI adalah sebuah pendekatan yang dilakukan secara transparan selama proses pelayanan dilakukan.
Hasil penelitian dengan judul Analisis Pencapaian Key Performance Indicators Dalam Upaya Perbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Pendekatan DIFOTAI PT Wira Logitama Saksama Project Sari Roti mendapatkan suatu faktor yang paling berpengaruh yaitu PT Wira Logistics melakukan keterlambatan dengan persentase yang besar. Dapat dilihat berdasarkan perhitungan DIFOTAI dimana aspek On Time Loading memperoleh persentase terendah yaitu sebesar 57,08%.

Downloads

Published

2018-11-01