PEMILIHAN JALUR OPTIMAL PADA JARINGAN DISTRIBUSI PAKET DI PPC BANDUNG 40400 DENGAN METODE SAVING MATRIX

Authors

  • Dimas Alkautsar
  • Tamadara Hilman

Abstract

Sasaran pada sistem distribusi adalah dapat melakukan pengiriman produk secara tepat, cepat, serta menghasilkan biaya yang minimal. Oleh karena itu, pengembangan sistem distribusi sangatlah penting karena dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rute distribusi dan melakukan penjadwalan sistem transportasi dengan tepat. Post Processing Center (PPC) Bandung 40400 adalah dirian PT. Pos Indonesia yang mempunyai fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta penanggung jawab implementasi kebijakan pemrosesan, pendistribusian dan pengantaran kiriman pos secara efektif dan efisien di wilayah kerjanya.
Permasalahan yang muncul adalah jarak terlalu panjang, rute belum terjadwal dengan baik, dan biaya distribusi yang cukup tinggi. Untuk mengatasi masalah Post Processing Center (PPC) Bandung 40400, maka diperlukan sebuah metode terbaik, yaitu metode Saving Matrix yang digunakan untuk menentukan rute distribusi produk ke wilayah Delivery Center yang dituju berdasarkan kapasitas alat angkut yang digunakan.
Dari hasil perhitungan matematis dengan metode Saving Matrix diperoleh 2 rute terbaik bagi PPC Bandung 40400. Jarak yang harus ditempuh adalah sejauh 158,52 Kilometer dengan biaya distribusi yang meliputi biaya bahan bakar (BBM), biaya tenaga kerja, biaya perawatan, sebanyak Rp. Rp. 17.232.774 per Bulan.

Downloads

Published

2018-11-01