ANALISIS FREIGHT RATES LOGISTICS DENGAN PENERAPAN HOUSE OF QUALITY (HOQ) DI PT CIPTA KRIDA BAHARI (CKB)

Authors

  • Dr. Ir. Agus Purnomo, MT. Politeknik POS Indonesia

Abstract

PT CKB yang merupakan perusahaan Freight Forwarder menghadapi tantangan persaingan dalam Freight rates yang murah. Permasalahan dalam penelitian yaitu  karakteristik apa saja yang dianggap penting oleh pelanggan PT CKB berkaitan dengan freight rates, dan bagaimana penilaian pelanggan terhadap kualitas pelayanan PT Cipta Krida Bahari (CKB) berkaitan dengan freight rates, serta apa saja perbaikan yang menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya dalam hal penentuan rates. Metode yang digunakan yaitu House of Quality (HOQ) bertujuan menentukan priotas perbaikan pelayanan yang akan dijadikan dasar perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian ini yaitu dapat memberikan rekomendasi kepada PT CKB dalam meningkatkan pelayanan agar dapat bersaing dengan perusahaan freight forwarding lainnya dalam hal menentukan freight rates. Hasil penilaian benchmarking dengan pesaing utama yaitu PT Shenker Petrolog Utama dan PT Yusen Logistics, menunjukkan PT CKB memiliki kinerja yang masih rendah dalam 6 indikator utama.

Terdapat 6 indikator utama perbaikan yang menjadi prioritas utama PT CKB untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya dalam hal penentuan freight rates dan untuk meingkatkan keunngulan bersaingnya yaitu : pelatihan karyawan untuk menangani pelanggan, peningkatan  pengetahuan karyawan, pelatihan cepat tanggap dalam merespon keluhan pelanggan, menawarkan variasi rates untuk berbagai pengiriman, perbaikan rutin sarana teknis, dan penambahan sarana komunikasi.

Downloads

Published

2019-05-02