OPTIMALISASI PICK UP SERVICE DI KANTOR POS WONOGIRI DENGAN STRATEGI PRODUCT DEVELOPMENT
DOI:
https://doi.org/10.46369/logistik.v9i02.565Abstract
Pergeseran perilaku belanja konsumen menjadi kegiatan belanja online, tidak hanya terjadi di kota besar, tapi juga dirasakan masyarakat kabupaten. Terbukti dari jumlah pelaku bisnis di Kabupaten Wonogiri yang meningkat dan mencapai angka 479 pelaku usaha pada tahun 2018. Pihak seperti perusahaan ekspedisi harus mulai menyediakan layanan yang efektif untuk para pelaku bisnis, seperti layanan pick up. Namun pendapatan dari pick up service Kantor Pos Wonogiri justru berbanding terbalik dengan pertumbuhan pelaku bisnis online di daerah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis apa yang paling tepat untuk mengoptimalisasi pick up service KP Wonogiri. Dengan pendekatan kualitatif eksplorasi, dan menggunakan metode QSPM, maka akan dilakukan analisa untuk mengetahui faktor-faktor dari internal dan eksternal KP Wonogiri yang mempengaruhi kinerja dari pick up service tersebut.
Berdasarkan analisis QSPM, dihasilkan strategi product development memiliki Nilai Daya Tarik (Total Attractive Score/ TAS) lebih tinggi yaitu 5,815 dibandingkan dengan strategi market penetration yang menghasilkan nilai TAS yaitu 4,223. Oleh karena itu fokus strategi yang perlu dilakukan oleh KP Wonogiri adalah product develoment.
Kegiatan-kegiatan yang mendukung strategi product development adalah meningkatkan value layanan PUS, menawarkan produk pos yang lain, jasa pengepakan gratis, penawaran program member dan pembuatan aplikasi pick up service agar dapat bekerja lebih optimal.