STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ANGKUTAN KERETA API KONTAINER DI PT KERETA API LOGISTIK MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM

Authors

  • Muhammad Alde Rizal, S.Si., MT Politeknik Pos Indonesia
  • Sarah Mahrulia Hana Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v9i02.575

Abstract

PT Kereta Api Logistik (KALOG) adalah perusahaan dibawah induk PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api.  Penulis melakukan kegiatan PKL pada divisi kontainer UPT Sungai Lagoa, dimana angkutan kontainer kereta api menjadi salah satu andalan jasa angkutan PT Kereta Api Logistik dengan skema distribusi door to station, station to station, station to door, dan door to door. Untuk dapat dijadikan moda transportasi pengiriman kontainer andalan konsumen, PT Kereta Api Logistik masih belum mampu menyaingi pesaingnya, dapat dilihat dari terjadinya penurunan jumlah kiriman dari tahun sebelumnya.

Analisis SWOT dan QSPM digunakan Penulis untuk dapat menganalisis strategi bisnis kereta api kontainer. SWOT akan menganalisis faktor eksternal dan internal perusahaan dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Sedangkan QSPM secara objektif mampu menunjukkan strategi mana yang terbaik dari berbagai alternatif yang sudah dianalisis sebelumnya melalui SWOT.

Strategi alternatif terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan cost conscius (sadar biaya) dalam bidang-bidang pembiayaan operasi terkait langsung dengan tarif yang ditawarkan ke konsumen.

Downloads

Published

2019-11-04