PENGENDALIAN KETERLAMBATAN PERBAIKAN MESIN TURBIN DI PT JAPA INDOTAMA DENGAN QC SEVENTOOLS

Authors

  • Eduard Sondakh Politeknik Pos Indonesia
  • Puja Andhika Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v9i02.669

Abstract

PT JAPA INDOTAMA adalah perusahaan yang bergerak untuk menangani semua aktivitas perbaikan mesin turbin besar, steam turbin, mesin turbin berkapasitas kecil, mesin pompa pertamina. Untuk membantu perusahaan dalam meminimalisir keterlambatan repair mesin turbin, penulis mengusulkan agar perusahaan menerapkan Quality Control Seven Tools dan 5W + 1H dengan pengendalian ini dapat diperoleh berbagai rancangan sistem kerja yang baik suatu pekerjaan, untuk mencari rancangan yang membutuhkan meminimalisir keterlambatan tersebut. Karena itu penerapan keduanya selalu dilakukan bersamaan sebagai dua hal yang saling melengkapi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlambatan itu disebabkan oleh faktor manusia, lingkungan dan mesin. Untuk mengatasi masalah kurangnya koordinasi tugas, pihak terkait harus saling berkoordinasi dan berkomunikasi secara intensif, sedangkan untuk mengatasi masalah kurangnya SDM engineering, perusahaan harus menambah karyawan yang ahli dalam mesin turbin dan mengoperasikan mesin pendukung. Untuk mengatasi kondisi cuaca perusahaan harus menyewa workshop yang menyediakan mesin pendukung seperti mesin bubut dan balancing. Untuk mengatasi masalah kurang mesin pendukung, yang harus dilakukan perusahaan adalah menambah mesin pendukung tersebut, agar pengerjaan perbaikan mesin tidak terlalu lama. Untuk mengatasi masalah kerusakan mesin yang terjadi, perusahan harus melakukan maintenance terhadap mesin pendukung tiga kali seminggu agar tidak mudah rJu.sak dan pengerjaan perbaikan mesin turbin tidak terganggu mesin pendukung yang rusak.

Downloads

Published

2019-11-04