Pemetaan Standard Operating Procedure Penerimaan, Pemuatan, Pembongkaran, dan Pengeluaran Peti Kemas

Authors

  • Somadi Somadi

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.690

Abstract

Waktu proses pemasukan, pemuatan, pembongkaran dan pengeluaran petikemas di Terminal Petikemas Surabaya yang dikelola oleh PT. Terminal Petikemas Surabaya hingga kini masih dirasa cukup lama oleh para pengguna terminal. Keterlambatan waktu tersebut salah satunya disebabkan karena pengguna terminal seringkali mengalami kebingungan dalam menerapkan SOP (standard operating procedure) layanan yang ada di dalam terminal. Tujuan penelitian untuk mengetahui SOP pemasukan, pemuatan, pembongkaran dan pengeluaran petikemas di PT. Terminal Petikemas Surabaya. Untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa SOP penerimaan petikemas dimulai dari pengiriman data COPARN, pembuatan job order, pencetakan dan distribusi E-CEIR, proses pemindahan petikemas dari truk ke lapangan penumpukan, hingga kendaraan meninggalkan terminal. Sementara itu, SOP pemuatan petikemas dimulai dari pengiriman, penerimaan dan pemeriksaan dokumen, pemindahan petikemas dari lapangan penumpukan ke truk untuk dimuat ke kapal, hingga konfirmasi muatan dan keberangkatan kapal. Untuk SOP pembongkaran petikemas dimulai dari persiapan pembongkaran, menginput data ke dalam sistem, pembongkaran petikemas dari kapal ke atas truk, pemeriksaan, mengangkut petikemas dari dermaga ke lapangan penumpukan, hingga pemindahkan petikemas dari truk ke lapangan penumpukan. Sedangkan, SOP pengeluaran petikemas dimulai pengiriman delivery order online, pembuatan job order pengeluaran petikemas, pemrosesan job order pengeluaran petikemas, hingga pengecekan antara data fisik dan sistem

Downloads

Published

2020-05-28