Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Freight Forwarder di PT XYZ Global Forwarding Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda
DOI:
https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.694Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Freight ForwarderAbstract
Persaingan di dunia jasa freight forwarder beberapa tahun ini cukup meningkat. PT XYZ Global Forwarding merupakan salah satu perusahaan jasa logistik yang bergerak di bidang freight forwarder. Strategi pemasaran diperlukan untuk mengetahui apa yang konsumen inginkan dan butuhkan. Aktivitas yang ada di PT XYZ Global Forwarding khususnya pada departemen marketing & sales masih ditemukan permasalahan yang cukup kompleks terkait pertama customer yang meminta penawaran harga atau quotation hanya melakukan perbandingan harga atau benchmarking saja, dan kedua customer yang melakukan cancel dikarenakan service dari flight atau vessel schedule yang masih belum sesuai dengan jadwal pengiriman yang mereka inginkan. Permasalahan tersebut mengakibatkan penurunan penjualan yang menjadikan tidak tercapainya target sesuai KPI yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, baik secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari PT XYZ Global Forwarding. Jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan menggunakan simple random sampling dalam metode probabilistic sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23.0. Berdasarkan hasil penenlitian, hasil dari uji-F menunjukkan bahwa semua variabel memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian, namun ketika menggunakan uji-t menunjukkan bahwa harga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, sementara itu kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif yang siginifikan. Hasil dari uji koefisien determinasi (R²) variabel-variabel independen menimbulkan besaran pengaruh terhadap variabel terikatnya sebesar 9,7% dan sisanya 90,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.