Pengelompokkan Karakteristik Konsumen PT Sumber Pengiriman Majujaya Pada Departemen Custom Clearance
DOI:
https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.812Keywords:
Konsumen, Pelayanan, Cluster K-means, Analisis DiskriminanAbstract
Penanganan konsumen dalam pembuatan draft PIB di Departemen Custom Clearance (CC) PT SPM belum mencapai KPI yang ditargetkan. Sistem pengkategorian konsumen belum ditentukan perusahaan sehingga karyawan mengerjakan draft PIB tanpa melihat konsumen yang seharusnya menjadi prioritas. Konsumen prioritas yang terabaikan menyebabkan adanya pembatalan penggunaan jasa kepabeanan. Berdasarakan KPI dari Departemen CC, draft PIB seharusnya diselesaikan dalam waktu 1 sampai 3 hari. Pada kenyataannya waktu rata-rata penerbitan draft PIB yaitu selama 4,11 hari. Untuk mencapai KPI yang ditargetkan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkategorikan konsumen sesuai dengan variabel karakteristik yang serupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah clustering k-means dan analisis diskriminan. Variabel yang digunakan yaitu waktu rata-rata penerbitan draft PIB, frekuensi pengiriman, biaya total, dan rata-rata ruang kargo. Penelitian ini menghasilkan lima kelompok konsumen dengan tingkat kepentingan berbeda, berdasarkan hasil analisis dikriminan dengan faktor pembeda utama yaitu biaya total. Kelima kelompok tersebut adalah Cluster 5 (konsumen yang sangat memberikan benefit bagi Departemen CC); Cluster 2 (konsumen yang memberikan benefit bagi Departemen CC); Cluster 1 (konsumen yang cukup memberikan benefit bagi Departemen CC); Cluster 3 (konsumen yang kurang memberikan benefit bagi Departemen CC); dan Cluster 4 (konsumen yang sangat kurang memberikan benefit bagi Departemen CC).
References
Agusta, Yudhi. 2007. K-Means penerapan permasalahan dan metode terkait. Jurnal Sistem dan Informatika. Vol 3.
Angelova, Biljana dan Zekiri, Jusuf. 2011. Measuring Customer Satisfaction with Service Quality Using American Customer Satisfaction Model (ACSI Model). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. 1. 3.
C. Rygielski, J. Wang dan D. Yen. 2002. Data Mining Techniques For Customer Relationship Management. Technology in Society.24 (4):483-502
D. A. Kandeil, A. A. Saad dan S. M. 2014. Youssef. A two-phase clustering analysis for B2B customer segmentation. International Conference on Intelligent Networking and Collaborative Systems. Salerno. pp. 221-228.
D. Liu dan Y. Shih. 2005. Integrating AHP and Data Mining for Product Recommendation based on Customer Lifetime Value. Information & Management. 42(3):387-400.
J. Lee dan S. Park. 2005. Intelligent Profitable Customers Segmentation System Based On Business Intelligence Tools. Expert Systems with Applications. 29(1):145-152.
J. Qian dan C. Gao. 2011. The application of data mining in CRM”, in 2nd International Conference on Artificial Intelligence. Management Science and Electronic Commerce (AIMSEC). Deng Leng, pp. 5202-5206.
Larose, Daniel T. 2005. Discovering Knowledge In Data: An Introduction to Data mining. New Jersey: John Willey & Sons. Inc
Lin, Wen-Cheng dan Liang, Gin-Shuh. 2011. Applying Fuzzy ZOT to Explore the Customer Service Quality to the Ocean Freight Forwarder Industry in Emerging Taiwan Market. Research Journal of Bussiness Management. 5(2):77- 88
Parasuraman, V.A. Zeithaml, L. L. Berry. 1990. Balancing Customer Perceptions and Expectations.
Tripathi, Shreya, Aditya Bhardwaj dan Poovammal E. 2018. Approaches to Clustering in Customer Segmentation. International Journal of Engineering & Technology. 7 (3.12): 802-807.
V. Zeithaml, R. Rust dan K. Lemon. 2001. The customer pyramid: Creating and serving profitable customers. California Management Review. 43(4): 118-142.
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.
C. H. Lovelock, & L. K. Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Alih Bahasa. Jakarta: Indeks.
Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Fandy Tjiptono. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Handoko, T. Hani. 1995 Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi pertama. Yogyakarta: BP-FE.
Heizer, J. & Render, B. 2005. Operation Management. 7ed prentice. New Jersey: Pearson.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu Dan Dua. Jakarta: PT Prenhallindo.
Simamora Bilson. 2005. Analisi Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramedia.
Suyanto. 2019. Data Mining untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika Bandung.
Sharah, Siti. 2015. Pengelompokkan Custumer berdasarkan Pelayanan yang Diberikan pada Divisi Ekspor PTU KN Sigma Trans. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Politeknik Pos Indonesia