Analisis Pengendalian Persediaan Material Scrap Besi Dengan Menggunakan Metode Algoritma Wagner Within Pada PT Purna Sentana Baja

Authors

  • Amri Yanuar Politeknik Pos Indonesia
  • Yanita Carolina Politeknik Pos Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.813

Keywords:

Pengendalian Persediaan, Peramalan, Algoritma Wagner Within

Abstract

Pengadaan barang dan jasa perusahaan sangat besar pengaruhnya karena akan berkaitan dengan menjaga kelangsungan proses produksi. Salah satu yang menjadi hal terpenting adalah pengendalian ketersediaan raw material produksi. PT Purna Sentana Baja merupakan sebuah perusahaan perdagangan yang menyediakan produk-produk raw material untuk industri besi dan baja. Salah satu produk raw material yang akan diteliti yaitu produk material scrap besi. Permasalahan yang terjadi yaitu kebijakan inventory perusahaan yang masih bersifat tradisional dengan belum adanya suatu metode yang digunakan oleh perusahaan dalam penentuan ukuran pemesanan barang yang mengakibatkan terjadinya kelebihan persediaan barang. Penelitian ini mengusulkan metode pengendalian persediaan dengan Algoritma Wagner Within untuk menentukan jumlah pemesanan atau ukuran lot pemesanan dan waktu pemesanan yang optimal. Peramalan permintaan material scrap besi menggunakan metode peramalan MA, WMA, dan ES. Hasil perhitungan metode Algoritma Wagner Within memperoleh biaya total persediaan sebesar Rp. 202.306.771.680 dan total biaya tersebut lebih optimal jika dibandingkan dengan total biaya persediaan dengan sistem perusahaan yaitu sebesar Rp. 209.317.771.680. Berdasarkan perbandingan total biaya tersebut perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 7.011.000.000.

References

Maitimu, N.E dan Meirlin S. Peea. 2017. Penentuan Ukuran Lot Pemesanan Optimal Bahan Baku Ikan Tuna Dengan Model Dinamis Algoritma Wagner-Within Dalam Upaya Minimasi Ongkos Total Persediaan (Studi Kasus : PT Mina Maluku Sejahtera). Jurnal Arika, Vol. 11 No.1.
Maulana, Lundy dan Retno Setyorini. 2015. Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Produk Windlass Dengan Menggunakan Metode Lot Sizing Pada PT Pindad (Persero). Jurnal Universitas Telkom
Bahagia, Senator Nur. 2006. Sistem Inventori. Bandung: Penerbit ITB.
Fogarty, Donald W. 1991. Production And Inventory Control. America. South-Western Publishing Co.
Heizer, Jay dan Barry Render. 2006. Operation Management, Edisi Ketujuh, diterjemahkan oleh Dwianoegrahwati Setyoningsih, M.Eng.Sc dan Indra Almahdy, M.Sc. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto Richardus. 2005. Manajemen Persediaan. Jakarta: PT Grasindo.
Prasetya, Hery dan Fitri Lukiastuti. 2009. Manajemen Operasi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Ristono, Agus. 2013. Manajemen Persediaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Jakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-05-29