PENGARUH KUALITAS PASSANGER SERVICE HANDLING TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG PESAWAT UDARA XPRESS AIR (STUDI KASUS DI PT TRAVEL XPRESS AVIATION SERVICES BANDUNG)
Authors
Imam Kambali
Ayu Dea Supiany
Keywords:
Kualitas, Passenger Service Handling, Kepuasan Penumpang, Xpress Air
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen mengenai Kualitas Passenger Service Handling Pesawat Xpress Air, untuk mengetahui Kepuasan Penumpang Pesawat Udara Xpress Air, dan Pengaruh Kualitas Passenger Service Handling terhadap Kepuasan Penumpang Pesawat Udara Xpress Air. Metode penelitian yang digunakan Uji Validitas,uji realibitas, dan uji normalitas, teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Regresi Linier Berganda dengan sampel sebanyak 80 responden. Dimensi Kualitas yaitu: Tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan, dan emphaty (empati). Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian besar penumpang sudah merasa puas terhadap pelayanan maskapai penerbangan Xpress Air, kualitas passenger service handling berpengaruh signifikan sebesar 60,3%.