Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Maskapai Penerbangan XpressAir Bandung

Authors

  • Rachmat Try Yuli Yanto
  • Nefertari

Keywords:

kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Kualitas pelayanan terhadap pelanggan mempunyai peranan yang sangat penting. Maskapai Penerbangan XpressAir bergerak dalam bidang pelayanan jasa khususnya dalam transportasi udara untuk masyaratkat, untuk itu meningkatkan kualitas pelayanan pada Maskapai XpressAir sangat diperhatikan dalam memenuhi pelayanan yang diberikan oleh pihak maskapai. Pemasalahan yang akan diteliti adalah “apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Maskapai Penerbangan XpressAir yang ditinjau dari lima variabel kualitas pelayanan yaitu : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pada kepuasan pelanggan maskapai penerbangan XpressAir. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan maskapai XpressAir dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan maskapai XpressAir dengan sampel sebanyak 50 pelanggan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2020-12-28

Issue

Section

Articles