PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR BEAT PADA PT. ASTRA HONDA MOTOR DI KOTA SEMARANG
Keywords:
pengaruh, bauran promosi, minat pembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang
dimiliki oleh sepeda motor beat merek honda pada PT. Astra Honda Motor di Kota Semarang
terhadap minat pembelian produk oleh konsumen. Untuk mencapai sasaran penelitian yang
jelas dan terarah maka penulis merumuskan permasalahan mengenai komponen bauran
promosi mana yang memiliki pengaruh besar terhadap minat pembelian konsumen dan
seberapa besar tingkat pengaruh komponen bauran promosi terhadap minat pembelian untuk
produk sepeda motor beat merek honda. Penelitian ini menggunakan populasi yang diambil
dari konsumen PT Astra Honda Motor dan sampel sebanyak 61orang. Dan teknik pengumpulan
data simple random sampling. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas
instrumen,uji reabilitas, dan uji normalitas. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif asosiatif, analisis deskriptif regresi linier sederhana,nilai persamaan regresi,
dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh antara bauran
promosi yang dimiliki oleh produk dari sepeda motor beat merek honda terhadap minat
pembelian produk tersebut. Minat pembelian dari produk ini dipengaruhi oleh bauran promosi
sebesar 71,9%. Dari hasil penelitian ini pula, diketahui bahwa komponen bauran promosi dari
sepeda motor beat merek Honda yang paling mempengaruhi dalam minat pembelian produk
adalah komponen periklanan (advertising) dari sepeda motor beat merek Honda.