REKOMENDASI MARKETING MIX 7P PADA AGEN POS (STUDI PADA AGEN POS KECAMATAN GUBENG SURABAYA)

Authors

  • M ARdhya Bisma
  • Pratiwi Hariningtyas

Keywords:

marketing mix, 7P, agen pos

Abstract

PT Pos Indonesia adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang layanan pengiriman dan layanan jasa keuangan. Seiring berjalannya waktu, PT Pos terus memperbaiki dan memperluas wilayah usahanya dengan merangkul masyarakat dengan menjadikan mitra yaitu Agen Pos. Sebagai pelaku usaha dibutuhkan dukungan pemasaran dengan marketing mix 7P karena kerasnya persaingan yang dihadapi khususnya Agen Pos Putra Mandiri, penurunan jumlah transaksi dan pendapatan yang di alami diharuskan untuk meningkatkan efektivitas dan nilai pelanggan di mata konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam hingga titik jenuh kepada pelanggan dan pemilik Agen Pos. Hasil dari analisis pelanggan, pemilik dan pesaing usaha, didapatkan penyebab faktor internal yaitu karena (1) Place, letak lokasi tidak strategis. (2) Produk, tidak memiliki kelengkapan produk jasa layanan Pos. (3) Promosi, tidak proaktif dalam mencari pelanggan, serta tidak memiliki media promosi. (4) Proses, prosedur pelayanan SOP tidak diterapkan. (5)  People, etika petugas dalam tidak profesional. (6) Physical evidence, fasilitas Agen Pos Mandiri kurang lengkap dan tidak sesuai dengan Kantor Pos umumnya.Dapat disimpulkan dengan diberikan solusi bisnis untuk Agen Pos Putra Mandiri yaitu merekomendasikan marketing mix 7P secara keseluruhan

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles