PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SPIRIT HUMAN DEVELOPMENT (Survei pada pembuatan SIM akademik yayasan Al-Masoem)
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi (IT) yang sangat pesat dewasa ini memberikan banyak kemudahan pada berbagai aspek kegiatan bisnis. Peranan IT dalam berbagai aspek kegiatan bisnis dapat dipahami karena sebagai sebuah penggunaan komputer, IT dapat memenuhi kebutuhan informasi dunia bisnis dengan sangat cepat. Oleh Karena itu penulis meneliti tentang kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen, untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh antara kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen dalam pembuatan SIM akademik pada yayasan Al-Masoem.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pelanggan di Spirit Human Development. jenis sampling yang digunakan purposive random sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan data primer dari Spirit Human Development, Bandung, menyebarkan kuesioner, dan observasi yang dilakukan langsung ke pelanggan. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini sebanyak 44 orang responden yang terdiri dari pegawai di yayasan Al-Masoem. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Uji kualitas data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji R2 (koefisien determinasi), dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kualitas jasa berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pelanggan pengaruhnya signifikan.