PENGARUH DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN APLIKASI MOVIN PT.TELKOM DIVISI III JAWA BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Direct Marketing dengan keputusan pembelian di PT.Telkom Divisi III Jawa Barat khususnya produk aplikasi movin. Direct Marketing merupakan dasar bagi suatu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang mengacu pada hubungan antara variabel independen dan variabel dependen atau dalam kasus kali ini variabel independen yaitu Direct Marketing terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian dengan objek penelitian perusahaan PT.Telkom Jawa Barat studi kasus produk aplikasi movin. Dalam landasan teori variabel Direct Marketing terdiri dari manajemen pemasaran, bauran pemasaran, promosi dan bauran promosi,. Sedangkan untuk variabel keputusan pembelian terdiri perilaku konsumen, keputusan pembelian, dimensi keputusan pembelian dan model konsumen dalam keputusan pembelian. Penentuan subjek dilakukan dengan cara sampel dengan banyak responden sebanyak 92 responden yang terdiri dari pengguna. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji coba lapangan mengenai direct marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian di PT Telkom Jawa Barat sebesar 25,3% dan 74,7% dipengaruhi variabel lain dan hasil uji deskriptif kualitas produk dan kepuasan pelanggan dari PT.Telkom Jawa Barat masuk dalam kategori baik walaupun masih ada beberapa dimensi atau indikator yang harus ditingkatkan. Dengan demikian, keputusan pembelian aplikasi movin di PT.Telkom sudah baik dan lebih ditingkatkan lagi oleh perusahaan. Semestinya perusahaan melakukan pemberian reward kepada telesales yang berprestasi dan bekerja dengan konsisten, karena beberapa faktor penghambat yang di hadapi berkaitan dengan telesales yang merasa lelah, jenuh dengan data pengguna yang banyak sehingga mempengaruhi kegiatan promosi yang dilakukan kepada konsumen