PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT KIMIA FARMA PLANT BANDUNG (STUDI KASUS PRODUK JENIS SIRUP)
Keywords:
Kualitas Produk, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan di Kimia Farma Plant Bandung khususnya produk jenis sirup. Kualitas produk merupakan dasar bagi suatu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dari perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang mengacu pada hubungan antara variabel independen dan variabel dependen atau dalam kasus kali ini variabel independen yaitu kualitas produk terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan dengan objek penelitian perusahaan Kimia Farma Plant Bandung studi kasus produk jenis sirup. Dalam landasan teori variabel kualitas produk terdiri dari manajemen pemasaran, produk, atribut produk, kualitas produk, manfaat kualitas produk dan dimensi kualitas produk. Sedangkan untuk variabel kepuasan pelanggan terdiri perilaku konsumen, tujuan perilaku konsumen, model perilaku konsumen, proses pembentukan perilaku konsumen, kepuasan pelanggan, manfaat kepuasan pelanggan, faktor yang menentukan tingkat kepuasan pelanggan, dan metode pengukuran kepuasan pelanggan. Penentuan subjek dilakukan dengan cara sensus dengan banyak responden sebanyak 5 responden yang terdiri dari perusahaan dan lembaga pendidikan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 20 Hasil penelitian menunjukan bahwa pada uji coba lapangan mengenai kualitas produk jenis sirup berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di PT Kimia Farma Plant Bandung sebesar 97% dan 3% dipengaruhi variabel laim dan hasil uji deskriptif kualitas produk dan kepuasan pelanggan dari PT Kimia Farma Plant Bandung masuk dalam kategori cukup baik walaupun masih ada beberapa dimensi atau indikator yang harus ditingkatkan. Dengan demikian, kualitas produk jenis sirup di Kimia Farma sudah baik dan lebih ditingkatkan lagi oleh perusahaan.