PENGARUH FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP DI GALERI CIUMBULEUIT HOTEL & APARTEMENT BANDUNG

Authors

  • Nadiatussahara Kamilia Ulfah
  • Hesti Sugesti

Keywords:

Fasilitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Permasalahan      yang       dihadapi                Galeri Ciumbuleuit              Hotel      & Apartement      Bandung adalah  jumlah                 keputusan             menginap              yang cukup           rendah.  Hal         ini di indikasi oleh pelaksanaan  fasilitas  yang kurang  maksimal. Dalam penelitian              ini, peneliti             ingin mengetahui gambaran             Fasilitas, Keputusan Pembelian                dan pengaruh Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian.            Variabel Fasilitas memiliki 5              dimensi yaitu        sifat dan         tujuan organisasi, ketersediaan tanah dan kebutuhan akan     ruang atau            tempat, fleksibel, factor estetika,  masyarakat  dan  lingkungan  sekitar, sedangkan       variable Keputusan             Pembelian  memiliki  7  dimensi  yaitu  pemilihan  bentuk produk, pemilihan bentuk produk, pemilihan merek, pemilihan penjual, keputusan tentang jumlah  produk,  penentuan  waktu  pembelian, keputusan tentang cara  pembayaran.  Metode yang  digunakan  adalah  deskriptif  verifikatif dengan                pengambilan        sampel   sejumlah 30 responden      dan         teknik     pengumpulan data melalui studi dokumentasi,  studi kepustakaan, dan      kuesioner.              Data       diolah     melalui uji validitas             dan reliabilitas, analisis      deskriptif, korelasi  dan         regresi,    uji           F dan koefisien determinasi.             Gambaran  pelaksanaan   fasilitas berada  pada  kategori  sangat  baik  sedangkan gambaran Keputusan Pembelian berada pada kategori  baik.  Didapatkan  hasil  dari  analisis korelasi sebesar 89.9%, analisis regresi sebesar 56.5%  dan uji  koefisien determinasi  sebesar 80.8%. Saran untuk Galeri Ciumbuleuit Hotel Apartement Bandung adalah melakukan maintenance pada gedung dan fasilitas lainnya. Memberikan pembaharuan pada produk yang dijual.

Published

2017-07-01

Issue

Section

Articles