ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN LABORATORIUM PENGUJIAN PJK3 DENGAN PENDEKATAN SERVICE QUALITY
Keywords:
Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Service Quality, Importance PerformanceAbstract
Penentuan aspek-aspek pelayanan laboratorium PJK3 yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Studi awal mendapatkan bahwa terdapat 28 temuan layanan yang memiliki nilai minor salah satunya adalah mengenai dokumen kepuasan pelanggan. Metode Servqual dan Importance Performance Analysist (IPA) digunakan dalam penelitian ini, yang didasari pada 5 dimensi dan 19 variabel atribut pelayanan. Hasil dari 75 responden pelayanan laboratorium yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan metode Importance Performance Analisyst (IPA) terdapat 6 atribut pelayanan menjadi prioritas perbaikan pelayanan. Selain itu terdapat 3 atribut pelayanan pengujian laboratorium yang yang sudah dilakukan dengan baik dan perlu dipertahankan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengujian laboratorium K3 perlu dilakukan perbaikan berkelanjutan dan dukungan dari manajemen perusahaan PJK3.