ANALISIS CUSTOMER COMPLAINT HANDLING PENGGUNA INDIHOME (STUDI KASUS PT.TELKOM INDONESIA-STO RAJAWALI, BANDUNG)

Authors

  • Bheben Oscar
  • Dimas Arya Pratama

Keywords:

Indihome, Customer Complaint Handling

Abstract

Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan customer complaint handling pada pengguna Indihome PT.Telkom Indonesia-STO Rajawali,Bandung.  Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dimana data yang telah didapat diolah mengunakan SPSS, dan data tesebut di olah menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan menggunakan analisis Deskriptif untuk menjelaskan setiap variabel yang ada, Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebesar 90 responden. Dengan Teknik pengambilan sampel yaitu menggunankan  probability sampling. Hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah bahwa pelaksanaan customer complaint handling pada pengguna Indihome di PT.Telkom Indonesia-STO Rajawali, Bandung ini mendapatkan apresiasi dari pelanggan dengan sangat baik, hal ini tercermin dari jumlah rata-rata predikat seluruh item dan aspek adalah Tinggi. Adapun aspek yang mendapatkan apresiasi paling tinggi ialah aspek keadilan interaksional pada item pegawai melayani pelanggan dengan sopan dengan skor sebesar 385

     

 

Downloads

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles