ANALISIS DESKRIPTIF GOOD IMPRESSION/GROOMING PADA KARYAWAN AUTO 2000 CABANG PASTEUR

Authors

  • Suci Fika Widyana
  • Novi Shofiah

Keywords:

Pelayanan, Auto 2000, Penilaian Karyawan, Good Impression, Grooming

Abstract

Penampilan diri yang terjaga dan rapi secara keseluruhan, dimulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, disebut grooming. Penampilan kita adalah hal pertama yang dilihat atau diperhatikan oleh orang lain, dimensi yang diukur meliputi kebersihan dan kerapian diri, sikap ramah, mengucapkan salam, sopan berbicara, dan menyambut tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian karyawan terhadap good impression/grooming. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Auto 2000 cabang Pasteur Bandung, sampel yang diambil sebanyak 55 karyawan menggunakan metode simple random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini bahwa penilaian good impression/grooming dalam kategori sangat tinggi. Namun pada hal penerapannya masih terdapat ruang yang perlu ditingkatkan lebih jauh, guna meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik. Hal-hal yang dapat ditingkatkan adalah kebersihan dan kerapian diri. Selain itu perusahaan tetap mempertahankan nilai sikap ramah, mengucapkan salam, sopan berbicara dan menyambut tamu dengan baikĀ  merupakan elemen penting dalam menciptakan hubungan profesional yang positif dengan pelanggan.

Downloads

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles