ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS PRODUK DENGAN PENDEKATAN METODE DMAIC DI PT XYZ

Authors

  • Dera Thorfiani
  • Chintya Nur Permatasari

Keywords:

Kualitas Produk, DMIC, Cacat Produk

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor makanan olahan khas Bandung yang terus berupay memberikan produk berkualitas dengan melakukan pengawasan terhadap pengendalian kualitas produk sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP). Akan tetapi, masih ditemukan produk yang tidak memenuhi standar kualitas perusahaan dan menyebabkan konsumen memberikan keluhan yang tercermin pada penilaian konsumen pada toko online atau e-commerce marketplace. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis faktor penyebab terjadinya cacat produk agar bisa diidentifikasi jenis cacat produk yang ada dan bagaimana usulan perbaikan atas permasalahan tersebut. Metode pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improvement dan Control) kemudian digunakan untuk mengdientifikasi dan memecahkan masalah yang terkait denga kualitas. Adapun hasil observasi menunjukkan bahwa: 1) Jenis cacat produk yang dikeluhkan oleh konsumen berupa kemasan produk rusak, produk yang hancur dan produk yang tidak sesuai dengan standar spesifikasi; 2) penyebab terjadinya kemasan produk yang rusak dan produk yang hancur dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni faktor manusia, faktor material dan faktor metode. Usulan perbaikan yang dapat diterapkan oleh perusahaan guna meminimalisir jumlah keluhan konsumen yaitu dengan melakukan pengawasan, evaluasi kinerja pekerja dan vendor, menambahkan plastic wrap sebagai pelindung tambahan dan memberikan pelatihan kepada karyawan bagian pengepakan.

Downloads

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles