Penerapan Personal Selling Dan Product Knowledge Tenaga Penjual Terhadap Keputusan Pembelian Produk Multimanfaat Pada Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Syariah Cirebon

Authors

  • Dera Thorfiani
  • Tiara Eka Sakti

Abstract

Tenaga penjual pada Bank Tabungan Negara (persero) Kantor Cabang Syariah Cirebon dalam melakukan penjualan produk Multimanfaat dengan metode personal selling seringkali menghadapi beberapa kendala. Kendala tersebut antara lain adanya persyaratan yang berbeda dengan produk lainnya. Produk Multimanfaat membidik pada pasar kolektif (non peseorangan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran personal selling, gambaran product knowledge, gambaran keputusan pembelian, hubungan antara personal selling dan product knowledge terhadap keputusan pembelian, pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian, pengaruh product knowledge terhadap keputusan pembelian, dan yang terakhir mengetahui pengaruh personal selling dan product knowledge terhadap keputusan pembelian. Variabel personal selling mempunyai dua dimensi, yaitu building the relationship dan closing the deal and building loyalty, Variabel product knowledge memiliki tiga dimensi, yaitu fungsi produk, kualitas,dan merek. Variabel keputusan pembelian memiliki enam dimensi, yaitu pemilihan produk, keputusan merek, pemilihan toko yang dipilih, keputusan mengenai jumlah, keputusan mengenai waktu pembelian, dan keputusan mengenai cara pembayaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan 88 responden sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear beraganda, korelasi parsial dan simultan, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Gambaran personal selling, product knowledge dan keputusan pembelian dikategorikan baik. Dari hasil analisis regresi berganda yang telah dilakukan maka dinyatakan terdapat pengaruh yang negatif antara personal selling dan product knowledge terhadap keputusan pembelian. Saran terhadap perusahaan dalam menerapkan  personal  selling dan product knowledge terhadap  keputusan  pembelian harus diperhatikan karena dalam hal ini personal selling yang dilaksanakan oleh tenaga penjual Bank Tabungan Negara (persero) Kantor Cabang Syariah Cirebon mengenai product knowledge agar konsumen banyak yang mengetahui produk multimanfaat akan  sangat  mempengaruhi  dalam  keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, maka dari itu ada baiknya agar teknik-teknik tenaga penjual dalam  melakukan personal  selling agar  lebih ditingkatkan  sehingga  dapat  meningkatkan  penjualan.

Downloads

Published

2019-09-30

Issue

Section

Articles